pengertian akses kontrol pintu

Akses Kontrol adalah sistem yang dirancang untuk memungkinkan wewenang membatasi pengguna untuk mengakses ke wilayah dan sumber daya dalam fasilitas fisik tertentu atau sistem informasi berbasis komputer. Kita dapat temui dalam penerapan Sistem Akses Kontrol dalam kehidupan sehari-hari misalnya sebuah kunci pada pintu ruangan, pintu gudang,pintu rumah sakit,pintu server,pintu keuangan kantor,pintu pabrik,Dsb.

Pada dasarnya merupakan suatu bentuk kontrol akses. Dengan akses kontrol kita dapat membatasi atau mengamankan Aset perusaahaan pada kantor,data penting pada ruang server,akses tamu pada rumah sakit yang nantinya dapat kita lihat kapan dan siapa melalui komputer.Dari definisi akses kontrol tersebut kita dapat mengambil definisi dari Akses kontrol Pintu (Door Acces Control). Akses kontrol pintu adalah sebuah sistem yang dapat atau untuk membatasi pengguna untuk mengakses suatu ruangan dengan menempatkan sistem perangkat kontrol pada pintu. Dalam Akses Kontrol Pintu, kontrol akses merujuk pada praktek membatasi pintu masuk ke properti, bangunan, atau ruang untuk orang yang berwenang.

Akses kontrol pintu pada umumnya memiliki beberapa jenis metode pengenalan/metode verifikasi yang paling populer adalah akses kontrol pintu sidik jari,akses kontrol pintu password,akses kontrol pintu wajah dan akses kontrol pintu menggunakan kartu proximity rfid.metode verifikasi tersebut tergantung pada spesifikasi mesin tersebut.sedangkan untuk kunci pintu elektronik/kunci pintu yang dapat dikombinasikan dengan alat kunci pintu terbagi dalam tiga macam yaitu magnetic lock,electric drop bolt dan electric strike.

Kunci pintu tersebut dapat dipasang pada berbagai macam pintu kayu,alumunium,kaca,besi,sliding door yang disesuikan dengan bracket sesuai kebutuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *