Mesin Akses Kontrol – Access Control System – Mesin Deteksi Wajah

Mesin minimalis berdimensi 95.5mm (W) x 153mm (H) x 35.5mm (D) ini mempunyai kapasitas maksimal sampai 30.000 Kartu RFID. Data transaksi yang mampu ditampung sampai 50.000 record. Solusi keamanan pintu dengan mengidentifikasi kartu (RF ID Card). Fingerspot RF-100 adalah pilihan terbaik untuk mesin akses kontrol dengan desain minimalis elegan.

1. Hal yang perlu di perhatikan sebelum instalasi Fingerspot FT-200

  1. Jangan menyalakan mesin sebelum semua pengkabelan telah terpasang dengan benar. Jika mesin tidak berjalan normal, segera putuskan aliran listrik, kemudian perbaiki sambungan kabel. Pengkabelan yang tidak benar akan dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.
  2. Dianjurkan memakai sumber tenaga 12 V 3 A.
  3. Jangan meletakkan alat ini pada tempat yang terkena cahaya dengan intensitas tinggi, karena cahaya dengan intensitas tinggi dapat berpengaruh signifikan pada scanning sidik jari, dan akan menyebabkan kegagalan verifikasi sidik jari.
  4. Coba hindari pemasangan alat di luar ruangan, temperatur kerja alat antara 0 C sampai dengan 45 C. Penggunaan di luar ruangan untuk jangka waktu yang lama, ditambah dengan panas dari dalam mesin, akan menyebabkan masalah pada operasional alat, termasuk berkurangnya reaksi alat dan passing rate. Jika penggunaan di luar ruangan tidak dapat dihindari, dianjurkan untuk menggunakan pelindung agar alat terhindar dari sinar matahari secara langsung dan gunakan fasilitas pendingin.

2. Skema Instalasi Fingerpspot RF 100

Dalam Instalasi Fingerspot RF – 100 dan Door Lock apabila menggunakan satu sumber energi harus memenuhi syarat, diantaranya :

  • Tegangan door lock = 12V
  • I – I lock > 1A, dimana : I adalah Arus keluaran sumber energi, I Lock adalah arus yang digunakan door lock.
  • Jarak antara mesin dan door lock dekat.

3.1 Instalasi Pengkabelan Fingerspot RF- 100 dengan Kunci Magnetic Lock

Dalam konfigurasi ini, akan terbuka saat kunci dialirkan arus listrik dan akan terkunci apabila tidak ada arus listrik atau terjadi kegagalan power, agar bisa terbuka saat terkunci sistem ini diberikan button relese yang berfungsi untuk membuka kunci.

3.2 Koneksi dengan Door Sensor, Exit Button, Alarm, dan Doorbell

  • Door Sensor

Door sensor atau sensor pintu digunakan untuk mendeteksi keadaan pintu, terkunci dengan benar ataupun tidak. Jika pintu tidak terkunci dengan benar dalam waktu tertentu, maka alarm akan berbunyi.  Door sensor juga akan mengirimkan signal ke mesin jika pintu dibuka dengan paksa dan akan membunyikan alarm.

  • Exit Button

Exit button digunakan untuk membuka pintu dari dalam ruangan. Exit button bisa berupa saklar manual maupun yang menggunakan infrared maupun teknologi yang lain.

  • Alarm

Alarm akan berbunyi jika pintu tidak tertutup dengan benar, dibuka paksa atau mesin sidik jari dilepas dari tempatnya.

  • Door bell

Bagi orang yang tida terdaftar pada mesin akses kontrol sidik jari, maka bisa membunyikan bell ini untuk memberitahu orang yang ada di dalam ruangan untuk membukakan pintu. Alarm akan berbunyi jika pintu tidak tertutup dengan benar, dibuka paksa atau mesin ini dilepas dari tempatnya. (Hanya support untuk 12VDC Alarm)..

4. Pengaturan Akses Kontrol

Dalam pengaturan Aplikasi pertama kali kita harus menambah mesin dari menu Base Options > Device List atau dengan menekan tombol Device Manage pada toolbar. Pengaturan Akses kontrol

  • Lock Control Delay (Waktu Jeda Kunci)
  • Untuk mengatur berapa lama kunci akan menutup setelah terbuka. Dalam pengaturan ini harus diberikan nilai apabila kondisi 0 maka kunci tidak terbuka atau tidak berfungsi. Isikan nilai kemudian tekan tombol aplikasikan, lalu restart mesin.

  • Anti Passback Setting
  • Terkadang ada seseorang yang tidak berhak masuk mengikuti user yang berhak masuk. Hal ini menimbulkan masalah keamanan. Untuk itu diperlukan pengaturan antipassback yang membuat orang yang tidak berhak tidak bisa keluar jika masuknya tidak legal. Fungsi ini membutuhkan dua mesin akses kontrol yang bekerja bersama. Satu sebagai master (biasanya dipasang di dalam pintu) dan satu sebagai reader atau slave (biasanya dipasang di luar pintu). Kedua mesin dihubungkan dengan wiegand.

  • Antipassback Mode
  • Terdapat pilihan, None, Out, In, InOut, No dan Save. None berarti fungsi ini tidak diaktifkan. Out berarti untuk bisa masuk, harus mempunyai scan out yang sudah tersimpan di mesin. In berarti untuk bisa masuk, harus mempunyai scan in yang sudah tersimpan di mesin, InOut berarti statusnya harus selalu berpasangan In dan out. No and Save berarti antipassback tidak difungsikan tetapi status record master tetap disimpan. Status record master : digunakan untuk mengatur status record default dari mesin Master. Seluruh pengaturan harus diaplikasikan dan berlaku setelah restart mesin.

Dalam pengaturan akses kontrol ini terdapat beberapa menu, yaitu Zona Waktu, Group, Kombinasi Buka, Hak Akses User dan Hari Libur.

  • Zona Waktu
  • Di luar zona waktu yang ditentukan, maka karyawan tidak diperbolehkan membuka pintu. Pada software ini, kita bisa membuat sampai 50 zona waktu. Setiap zona waktu bisa diatur setiap hari dalam seminggu dan bisa diatur dari jam 00:00 sampai 23.59 atau 24 jam. Pengaturan zona waktu yang jam akhir kurang dari jam awal (misal : 23:57-23:56) berarti sepanjang hari tidak dijinkan membuka pintu. Pengaturan zona waktu yang jam akhir lebih besar dari jam awal (misal : 00:00-23.59) berarti karyawan boleh membuka pintu diantara jam yang ditentukan tersebut. Setiap karyawan hanya bisa menggunakan 3 zona waktu yang berelasi “OR” atau dengan kata lain antara zona waktu satu dengan lainnya berlaku sendiri-sendiri. Untuk membuat zona waktu, klik menu Pengaturan Akses Kontrol > zona waktu lalu klik Tambah, silahkan isi nomor, nama serta tentukan zona waktu setiap harinya.

  • Group Group
  • Berfungsi untuk mengelompokkan karyawan atau pengguna. Dalam software ini, kita bisa membuat maksimal 5 group. Masing-masing group mempunyai 3 zona waktu dan dapat dikombinasikan dengan group yang lain. Secara default (asal), karyawan yang diregistrasikan di mesin, masuk dalam group 1 dan kombinasi cara buka 1. Untuk mengisi zona waktu pada group, pilih menu Pengaturan Akses Kontrol > Group. Silahkan mengisi deskripsi serta memilih zona waktu yang telah dibuat pada sub menu Zona Waktu untuk masing-masing group. Untuk tipe verifikasi, biarkan saja karena Fingerspot RF-100 tidak mempunyai tipe verifikasi kecuali hanya kartu (RF). Centang Hari Libur jika ingin zona waktu berlaku untuk hari libur. Tekan tombol Simpan untuk menyimpan perubahan.

  • Kombinasi Buka
  • Kombinasi buka digunakan untuk membuat kombinasi untuk membuka pintu dengan mengelompokkan grup-grup yang telah dibuat. Jika anda menghendaki seluruh karyawan tidak bisa membuka pintu, maka kosongkan kombinasi cara buka ini. Secara default sudah terdapat satu kombinasi buka, yaitu nomor satu dengan isi Grup 1. Software ini hanya mengijinkan sampai 10 kombinasi. Anda bisa membuat kombinasi seperti 123, yang berarti jika ada karyawan yang ada di grup 1 ingin membuka pintu, maka dia harus membukanya bersama-sama dengan karyawan yang ada di grup 2 dan grup 3. Jika Anda hanya mengisi dengan satu grup, maka karyawan dalam grup tersebut bisa langsung membuka pintu tanpa harus bersama dengan karyawan dari grup lain. Menu ini bisa diakses dari menu Pengaturan Akses Kontrol > Kombinasi Buka.

  • Hak Akses User
  • Hak Akses digunakan untuk menentukan grup dan zona waktu dari karyawan. Pilih menu Pengaturan akses Kontrol > Hak Akses User kemudian klik Ubah hak akses.
    Anda bisa memilih seorang karyawan atau memilih beberapa karyawan yang ada di kolom sebelah kiri, kemudian klik Set Grup untuk menentukan grup dari karyawan terpilih. Pilih grup lalu OK. Pilih karyawan yang telah dirubah grupnya lalu tekan tombol > untuk memindahkan ke kolom sebelah kanan. Pilih mesin dimana pengaturan untuk karyawan tersebut akan diupload. Jika karyawan tidak ikut grup manapun tapi menggunakan zona waktu, langsung saja pindahkan ke kolom sebelah kanan, pilih zona waktu dari menu yang tersedia di atasnya. Untuk tipe verifikasi abaikan saja, karena mesin ini tidak mempunyai variasi tipe verifikasi. Klik tombol Tambah Hak untuk menambahkan hak user ke mesin. Tutup form Hak Akses user dan akan terlihat data pengaturan yang baru saja dibuat. Hak akses ini selanjutkan diupload ke mesin. Pengaturan upload bisa diakses melalui menu Operasi dasar>Pengaturan Upload.

  • Hari Libur
  • Jika pada hari libur tertentu, digunakan zona waktu yang berbeda dengan hari biasa, maka Anda bisa mengisi hari libur dan zona waktunya melalui menu Pengaturan Akses Kontrol > Atur Hari Libur. Tekan tombol baru kemudian isi tanggal mulai dan akhir hari libur. Jangan lupa mengisi zona waktunya, tekan tombol Simpan untuk menyimpan. Pengaturan hari libur ini berlaku untuk seluruh user.

Topik Berhubungan:

Kata Kunci Pencarian:

cara pasang fingerprint, instalasi access door, cara pasang akses kontrol pintu, cara pemasangan acces door, door akses with cardakses, cara pasang door bell, cara pasang magnetic lock, cara buka pintu magnet, cara buat id card akses pintu, cara pasang kunci pintu sidik jari, pemasangan pintu access control, cara reset manual finger A100, cara supaya fingerprint lock terbuka, contoh pemasangan acces card, instalasi acces kontrol

content top

content top