Mesin Akses Kontrol – Access Control System – Mesin Deteksi Wajah

Multimedia Seies merupakan paket absensi support akses kontrol dengan kapasitas sidik jari 50.000 dan kapasitas penyimpanan data hingga 500.000 records. Unit Fingerspot Multimedia Series ini dapat dipasang / ditempatkan di dinding (wall mounted) untuk memudahkan dalam penggunaannya.

Kunci Pintu Magnetic mempunyai konfigurasi Fail Safe (Normaly Close) Dalam konfigurasi ini akan terbuka saat kunci tidak ada aliran arus listrik.

Berikut ini gambar ilustrasi kontruksi sistem akses kontrol Multimedia Series:

1. Instalasi Koneksi Exit Button

Exit Button diinstall untuk operasi pada sisi pintu. Ketika saklar ditekan maka pintu akan terbuka. Jarakpemasangan exit button kira-kira setinggi 1400 mm dari lantai. Gunakan pita isolasi untuk membungkus sambungan. Jauhkan dari perangkat magnetik atau elektromagnetik agar tidak mengganggu kinerja exit button.


2. Instalasi Doorlock

Kunci pintu harus diinstal handal dan stabil. Pastikan kabel sudah benar. Untuk kunci elektromagnetik harus memperhatikan sambungan terminal positif dan negatif. Kabel yang tidak digunakan sebaiknya dipotong atau diberikan gunakan isolasi tape untuk membungkus seperti pada sambungan. Atur delai kondisi kunci terbuka sesuai dengan kebutuhan. Jangan memberikan nilai Nol (0) untuk pengaturan delay.

2. Instalasi Pengkabelan Multimedia Series dengan Kunci Magnetic

Dalam konfigurasi ini, akan terbuka saat kunci dialirkan arus listrik dan akan terkunci apabila tidak ada arus listrik atau terjadi kegagalan power, agar bisa terbuka saat terkunci sistem ini diberikan exit button yang berfungsi untuk membuka kunci.

3. Instalasi Sistem Akses Kontrol

Instalasi Sistem Akses Kontrol berfungsi untuk mengatur waktu, pengguna, alarm, waktu delai sistem akses kontrol yang nantinya akan berpengaruh pada kunci pintu. Untuk pengaturan tersebut bisa melalui mesin Multimedia Series langsung atau bisa melalui aplikasi.

3.1 Instalasi Akses Kontrol dengan Aplikasi

Untuk mengatur akses kontrol dapat melalui menu aplikasi yang tersedia dalam paket doorlock. Berikut cara mengaktifkan menu akses kontrol:

  • Pilih menu utama “Pengaturan”
  • Pilih “Pengaturan Sistem”
  • Pilih pengaturan “Pilihan Fungsi”
  • Pilih option pilihan fungsi “Akses Kontrol”

Selanjutnya pada menu utama Pengaturan Mesin pada bagian kiri layar monitor akan muncul menu baru “Pengaturan Pintu”.

a. Zona Waktu
Pengaturan zona waktu sangat berpengaruh pada sistem dengan pengaturan zona waktu inilah administrator bisa menentukan siapa saja yang mempunyai hak akses masuk atau keluar dan waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan.

b. Grup
Pengaturan Grup difungsikan untuk mengatur pengelompokan karyawan berdasarkan zona waktu. Sistem ini memungkinkan seseorang bisa mempunyai lebih dari 1 zona waktu untuk mengakses suatu pintu.

c. Kombinasi Cara Buka
Pengaturan Kombinasi Cara Buka berfungsi untuk pengaturan mengakses pintu dengan mengkombinasikan grup.

d. Hak Akses
Pengaturan Hak Akses difungsikan untuk mengatur prifasi, hak akses masing-masing pengguna sesuai dengan group, zona waktu dan mesin akses kontrol.

e. Pengaturan Upload
Pengaturan ini diperuntukkan untuk mengupload semua pengaturan Zona Waktu, Grup, Kombinasi Cara Buka dan Hak Akses ke mesin Multimedia series.

3.2 Instalasi Akses Kontrol dengan Aplikasi Menu Mesin

Silahkan tekan Tombol “M”
Pilih menu “User Mng”
Pilih menu “Acces”

a. Time Zone (Zona Waktu)
Pengaturan zona waktu sangat berpengaruh pada sistem dengan pengaturan zona waktu inilah administrator bisa menentukan siapa saja yang mempunyai hak akses masuk atau keluar dan waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan.

b. New Holyday
Berfungsi untuk mengatur kapan akses kontrol digunakan tidak seperti hari  biasa dengan pengaturan waktu yang bisa digunakan oleh semua karyawan. Pengaturan ini setting secara spesifik sesuai dengan zona waktu/time zone.

  • Isikan Nomor ID Tanggal Libur pda form “No”
  • Isikan waktu mulai libur pada form “Start” M,menunjukkan bulan dan D menunjukkan tanggal
  • Isikan waktul berakhir libur pada “End” M,menunjukkan bulan dan D menunjukkan tanggal
  • Isikan “Zona Waktu/Time Zone(TZ)” yang terkena hari libur
  • Setelah selesai silahkan npilih “OK/M” untuk menyimpan

Jika zona waktu hari libur  akses kontrol diseting, waktu pintu terbuka selama liburan (hari tertentu) mengikuti zona waktu holyday bukan hari biasa.
c. Group Setting
Pengaturan Grup difungsikan untuk mengatur pengelompokan karyawan berdasarkan zona waktu. Sistem ini memungkinkan seseorang bisa mempunyai lebih dari 1 zona waktu untuk mengakses suatu pintu.

  • Isikan Nomor ID Tanggal Libur pda form “No”
  • Pilih Verifikasi akses yang digunakan grup pada form “Very Type” , FP/PW/RF, FP, PIN, PW, RF, FP/PW, FP/RF, PW/RF, PIN&FP, FP&PW, FP&RF, PW&RF, FP&PW&RF, PIN&FP&PW, FP&RF/PIN
  • Holiday, Pilih “Invalid” jika pengaturan libur tidak digunakan dan “Valid” jika menggunakan Libur
  • TZ, Time zone yang digunakan maksimal 3 zona waktu yang digunakan

d. Unlock Combination Setting
Pengaturan Kombinasi Cara Buka berfungsi untuk pengaturan mengakses pintu dengan mengkombinasikan grup.

  • Silahkan isikan form “Member:” jika dibutuhkan

e. Acces Control Parameter

  • Lock/Kunci, periode membuka kunci pintu dapat dikontrol sesuai dengan kebutuhan Anda atau preferensi. Nilai default adalah 5 detik. Rentang nilai adalah 1 detik sampai 10 detik. Masukkan nilai yang Anda inginkan jangan memberikan nilai 0.
  • Dsen. Delay/Jeda, door Sensor Delay dapat dikonfigurasi untuk memperingatkan pengguna jika pintu tidak menutup dengan baik setelah periode waktu. Sebuah sensor pintu harus diinstal dengan sistem alarm pintu untuk memberitahukan pengguna melalui sistem alarm apabila pintu tidak menutup dengan baik setelah periode waktu. Periode default adalah 5 detik dan periode maksimum adalah 999 detik.
  • Dsen. Mode, modus sensor pintu ini digunakan untuk mengkonfigurasi durasi waktu sebelum memperingatkan sebuah buzzer internal jika pintu tidak ditutup dengan benar. Mode Penguncian ini mempunyai 3 Typesebagai antaralain; None, Normaly Close (Close) terbuka saat tidak ada listrik, Normaly Open (Open) tertutup atau tekunci pada saat tidak ada listrik.
  • Alarm Delay/Jeda, Menetapkan durasi waktu sebelum membunyikan alarm bila dipicu. Rentang waktu dari 1 sampai 99 detik.
  • Alarm Count/Total Kali, Batas untuk verifikasi gagal oleh pengguna. Predefine nilai jadi jika pengguna melebihi waktu diizinkan, alarm bisa dipicu jika terminal anda terinstal dengan sistem alarm.
  • Valid Holydays, pengaturan penggunaan hari libur. Dalam pengaturan ini ada beberapa pilihan, pilih Valid apabila hari libur di berlakukan dan pilih invalid apabila tidak ada hari libur.

Topik Berhubungan:

Kata Kunci Pencarian:

kunci pintu magnet, kunci pintu kartu magnetik, instalasi multimedia, setting delay acces control tidak berfungsi, cara pemasangan magnetic lock, cara pasang door access system, instalasi pengkabelan multimedia series dengan kunci magnetik, instalasi kabel lock, cara pemasangan door lock system, cara pemasangan door closer, cara setting access door, Bagian-bagian pintu akses, wiring gambar door akses, penjelasan wiring akses kontrol, instalasi akses pintu

content top

content top